Selasa, 20 Maret 2018

Tugas Psikiater dan Psikolog

Apa Tugas Psikiater?


Psikiater adalah dokter spesialis di bidang kesehatan jiwa (jiwa=pikiran, perasaan, dan perilaku). Definisi sehat menurut WHO adalah sehat badan, jiwa, dan sosial.

Sebagai seorang dokter, psikiater berupaya menolong pasien agar ia dapat menolong dirinya untuk bebas dari gejala menyakit dalam proses terapi.

Psikiater bukan pembela seseorang yang bermasalah dengan orang lain. Bukan juga bertugas menghakimi yang benar dan yang salah.

Dalam konsultasi psikiater mengajak klien atau pasien untuk menentukan sendiri pilihan dalam bertindak, setelah memperhitungkan risiko yang akan dihadapi dan cara mengatasinya.

Proses ini dilakukan secara sistematik profesional dan menjaga rahasia pribadi pasien.

Tidak ada manusia yang sempurna, termasuk psikiater maka psikiater tidak akan mengambil contoh dirinya untuk diteladani orang lain.

Jasa psikiater itu adalah untuk semua orang, dari bayi hingga usia lanjut (dari Psikiater anak, hingga psikiater geriatri).


  Apa Tugas Psikolog?

  • Menjelaskan Perilaku
Psikolog harus mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa perilaku itu bisa terjadi, berupa indikasi yang tampak. Hasil dapat berupa penjelasan atau pembahasan yang bersifat deskriptif. Contohnya dalam menjelaskan perilaku anoreksia dan bulimia yang sering terjadi pada remaja perempuan.
  • Mendeskripsikan
Psikolog harus mampu mengenali, mendiagnosis, dan menjelaskan kejadian atau perilaku yang terjadi pada suatu kondisi tertentu. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengamatan dan wawancara atau membaca jurnal atau sumber lain yang terkait agar dapat mendeskripsikan kejadian atau perilaku tertentu. Hal ini sangat bermanfaat agar data yang dihasilkan lebih akurat dan terpercaya (valid dan realibel).
  • Prediksi Perilaku
Psikolog harus mampu memprediksi atau memperkirakan apa, bagaimana dan mengapa tingkah laku bisa terjadi yang datanya dapat dibuktikan secara konsisten. Dalam hal ini psikolog harus sering mengasah kemampuan dengan melakukan observasi, wawancara, melatih kemampuan menggunakan alat tes psikologi, membaca jurnal dan penelitian yang ada serta sumber lain yang mendukung agar dapat menghasilkan prognosa, prediksi atau estimasi yang konsisten.
  • Mengontrol
Psikolog diharapkan mampu mengendalikan perilaku yang maladaptif atau menyimpang menjadi perilaku yang sesuai dengan yang diharapkan, paling tidak meminimalisir perilaku yang menyimpang tersebut. Perwujudannya dapat berupa tindakan yang sifatnya preventif atau pencegahan, intervensi atau asesmen, serta rehabilitasi atau perawatan sesuai dengan kebutuhan. Contoh kasusnya adalah mengontrol perilaku anoreksia dan bulimia pada remaja wanita yang menginginkan tubuh yang kurus dan ideal agar diterima dalam pertemanan. Psikolog dapat melakukan kontrol perilaku dengan cara asesmen terlebih dahulu agar dapat menentukan penanganan lebih lanjut, apakah melakukan pencegahan apabila belum terlalu parah atau dalam tahap yang akut sehingga perlu melakukan perawatan atau rehabilitasi.
Ya kira- kira begitulah tugas-tugas dan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang psikolog. Jadi bagi teman- teman yang bertemu dengan calon atau psikolog jangan pernah minta mereka untuk menebak kepribadian kalian, apalagi menanyakan masalah prediksi jodoh atau nomor togel, hehe..
Sumber tulisan di dapat ketika Saya mengikuti acara All In Psychology di Universitas Kristen Widya Mandala Surabaya, pada saat TM yang materinya dibawakan oleh Bapak Suroso ( maaf jika nama tidak disertai gelar karena kesalahan pada penulis yang kurang akurat menanyakan info mengenai penyampai materi) .

sumber :http://infopsikiater.blogspot.co.id/2009/04/apa-tugas-psikiater.html
                https://sasayzuch.wordpress.com/tag/tugas-psikolog/

0 comments:

Posting Komentar